Rabu, 22 Oktober 2014

Dota 2 - Tabel Dominasi Kebutuhan dalam Tim (Early sampai Mid Game)

            Ada 11 jenis hero berdasarkan skillnya yang saya tahu, yaitu: Carry, Nuker, Anti-Ganking, Support-Enchanter, Support-Disabler, Support-Stunner, Tanker, Scouter, Pusher/Liner, Jungler, dan Initiator. Setiap hero pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing, yang tentunya akan menentukan apakah hero tersebut akan berkontribusi atau tidak dalam kemenangan atau kekalahan dalam setiap pertarungan.
Mengetahui kelebihan dan kekurangan hero yang akan kita pilih tentunya akan memberikan kita nilai atau kesempatan untuk berpikir apakah hero yang kita pilih akan membawa kemenangan atau malah hanya menjadi beban bagi anggota tim kita. Bercermin dari itu, maka saya menyusun tabel yang akan memberi pengetahuan tambahan bagi yang belum tahu dimana kelebihan dan kelemahan hero yang akan kalian pilih. Tabel yang saya beri nama "Tabel Dominasi" ini saya buat berdasarkan pengalaman bermain dan pertandingan dota 2 yang saya tonton belakangan ini...^_^. Untuk mencegah adanya kesalahpahaman, maka saya ingatkan bahwa segala pengalaman yang saya rasakan mungkin berbeda dari teman-teman, sehingga mungkin akan ada perbedaan dalam bagaimana menilai hero-hero dota 2.
         Tabel Dominasi ini tidak bertujuan untuk "menjudge" atau menghakimi jenis hero yang nantinya memiliki nilai "W" atau "Weak" akan kalah melawan jenis hero yang memiliki nilai "S" atau "Strong" terhadap dirinya, tetapi tabel ini menjelaskan lebih kepada siapa jenis hero tersebut memiliki kelemahan dan kepada siapa jenis hero tersebut memiliki kelebihan. Dengan kata lain, tabel ini akan menambah wawasan kalian akan bahaya yang akan kalian temui jika di tim musuh memiliki jenis hero yang kuat terhadap jenis hero yang kalian pilih.

Keterangan:
1.   Carry
2.   Nuker (Single Nuker)
3.   Anti-Ganking (Mass Nuker)
4.   Support - Enchanter
5.   Support - Disabler
6.   Support - Stunner
7.   Tanker
8.   Scouter
9.   Pusher/Liner
10. Jungler
11. Initiator
                Pada tabel terlihat bahwa setiap jenis hero memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri terhadap jenis hero lain. "Strong" atau "S" adalah keadaaan dimana jenis hero tersebut akan memiliki lebih banyak kemungkinan untuk menang dalam berbagai bidang, sedangkan kebalikannya "Weak" atau "W" adalah keadaaan dimana jenis hero tersebut akan memiliki lebih sedikit kemungkinan untuk menang dalam berbagai bidang. "Depend" atau "D" adalah keadaan dimana jenis hero tersebut akan memiliki kemungkinan menang ketika jenis hero tersebut dipasangkan dengan jenis hero lain yang mampu memaksimalkan skillnya.

          Ada banyak alasan dan ulasan mengapa saya menilai dan membuat tabel dalam bentuk demikian. Agar tidak terlalu muluk-muluk, saya akan ulas salah satunya, saya ambil bagaimana saya bisa menilai "Carry" memiliki lebih sedikit kemungkinan menang ketika tim lawan memiliki "Anti-Ganking". Sebagai seorang penggemar Dota 2, saya sangat suka menonton pertandingan internasional dimana banyak pemain pro idola saya berlaga. Pada salah satu video pertandingan yang saya tonton, saya melihat bagaimana permainan cantik yang dilakukan oleh seorang player dengan jenis hero "Disabler" yang mengerahkan skillnya sangat tepat, sehingga mampu menjebak 3 dari hero musuhnya dan memberikan kesempatan yang sangat baik pada jenis hero "Anti-Ganking" timnya untuknya melancarkan serangan, yang berujung pada gugurnya 3 hero tim lawan sekaligus. Jika saya tidak salah, 3 hero yang gugur memiliki kombinasi 2 Carry dan 1 Support - Disabler. Melihat hal tersebut, saya pun mulai bertanya-tanya apakah hero dengan jenis "Anti-Ganking" sebegitukuatnya hingga mampu melakukan hal tersebut. Ternyata setelah saya mencoba sendiri, ternyata ada alasan mengapa jenis hero "Anti-Ganking" mampu melakukan hal tersebut, diantaranya karena: (1) Memiliki skill yang memang berpoin serang tinggi (Misalnya Zeus; apalagi jika menggunakan Aghanim+Refresher...^_^) atau skill yang bertambah tinggi poin serangnya seiring banyaknya musuh yang terperangkap (Misalnya Earthshaker dengan Echoslam-nya)), (2) Kerjasama yang sangat baik dari "Disabler" yang berhasil memerangkap 3 hero musuh dan "Anti-Ganking" yang melancarkan serangannya tepat pada waktunya, (3) Rendahnya hp dari "Carry" pada Early sampai Mid Game.

              Nah itu dia pembahasan tentang "Tabel Dominasi Kebutuhan dalam Tim" Dota 2. Meskipun adanya tabel ini akan memudahkan kalian dalam memilih hero, tetapi tetap saja menurut saya dalam tim yang baik itu perlu 4 HAL, yaitu: Kerjasama, Mata-mata, Bantuan Taktis (Support), dan Penyerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...